Bahaya WiFi Bagi Kesehatan



Siapa yang sering menggunakan WiFi? Pasti ada diantara kalian yang sering menggunakan WiFi kan? baik itu dirumah, disekolah, di kafe, atau di tempat umum lainnya, gw juga sering kok menggunakan WiFi.

Di era modern seperti sekarang ini, penggunaan WiFi (Wireless Fidelity) telah menjadi salah satu trend di negara maju maupun negara berkembang. WiFi  merupakan jaringan lokal nirkabel yang mampu menghubungkan gadget dengan internet. Kita tau bahwa internet merupakan trend yang sekarang ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi semua kalangan.

Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat umum yang menyediakan layanan WiFi secara gratis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengunjung pada tempat-tempat tersebut. Namun dibalik kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan WiFi, ternyata WiFi juga menyimpan bahaya yang dapat merugikan kesehatan kita. Kalian penasaran bahanya apa saja? yuk langsung aja simak penjelasan yang telah admin rangkum berikut ini!

Bahaya WiFi Bagi Kesehatan Manusia:

1. Dapat Merusak sel-sel Otak

World Health Organization atau WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan National Toxilogy Program telah mempelajari efek radiasi non-termal pada kesehatan manusia. Hasilnya adalah paparan radiasi yang terjadi secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit serius, terutama bagi anak-anak. Mengapa? karena anak-anak memiliki sistem saraf dan otak yang masih dalam proses perkembangan. Mereka memiliki tengkorak yang lebih tipis dan lebih kecil daripada orang dewasa. Hal tersebut dapat berakibat lebih mudahnya radiasi menembus lebih dalam ke otak mereka. Membuat sel-sel otak menjadi rusak, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, mudah merasa lelah, gangguan konsentrasi, serta kehilangan memori dalam jangka pendek. 

2. Menyebabkan Insomnia




Sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2007 yang mengevaluasi tentang modulasi frekuensi rendah dari beberapa perangkat yang menghasilkan gelombang elektromagnetik, menunjukkan bahwa mereka yang terkena radiasi elektromagnetik secara signifikan lebih sulit untuk tertidur serta mengalami perubahan pola gelombang pada otak. Hal ini dapat menyebabkan depresi maupun hipertensi yang diakibatkan kualitas tidur yang kurang baik. Untuk itu para ahli kesehatan menyarankan agar menjauhkan tubuh dari ponsel ataupun jaringan WiFi pada saat tidur.

3. Meningkatkan Resiko Masalah Perkembangan Anak

Dalam beberapa studi yang telah dilakukan, menyatakan bahwa paparan radiasi frekuensi radio non-termal dari WiFi dan ponsel dapat mengganggu perkembangan sel normal, terutama pada perkembangan janin. Dalam studi lain menyatakan bahwa, bahaya WiFi mengakibatkan gangguan sintesis protein akibat paparan radiasi tersebut begitu parah terutama pada perkembangan anak-anak dan remaja.

4. Mempengaruhi Pertumbuhan Sel

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Denmark, dengan menguji pengaruh nirkabel WiFi router pada beberapa jenis tanaman. Studi tersebut menunjukkan hasil bahwa tanaman yang berada di dekat sumber radiasi tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

5. Mengurangi Aktivitas Otak

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 15 pria dan 15 wanita dimana kedua kelompok tersebut di uji dengan terkena radiasi dari WiFi dengan kapasitas 2.4 GHz dari titik akses nirkabel selama 45 menit. Hasilnya menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang nyata pada aktivitas otak. serta tingkat energi, khusus pada kelompok wanita.

6. Meningkatkan Resiko Masalah Infertilitas

Dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa paparan frekuensi WiFi dapat membawa efek negatif yang mempengaruhi sperma, dimana hal tersebut dapat mengurangi gerakan sperma dan menyebabkan fragmentasi DNA. Selain itu, frekuensi yang dihasilkan oleh WiFi dapat mencegah implantasi telur, bahkan mampu mengakibatkan kehamilan abnormal pada wanita.

7. Meningkatkan Resiko Gangguan Jantung

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 69 subyek telah melaporkan bahwa banyak dari mereka yang terkena paparan radiasi elektromagnetik mengalami respon fisik nyata, yaitu dengan meningkatnya denyut jantung.

8. Meningkatkan Resiko Kanker

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan ponsel dan WiFi dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terjangkit penyakit berbahaya s,eperti kanker atau tumor.

9. Menyebabkan Pusing & Sakit Kepala



Paparan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan WiFi juga mampu mempengaruhi gelombang otak, sehingga kepala akan terasa berat dan pusing, bahkan dapat berbahaya bagi yang sering mengalami vertigo.

10. Elektromagnetic Hypersentivity intolerance Syndrome (EHS)

Dalam sebuah kasus di Inggris, dimana seorang wanita terlalu dekat dengan pancaran gelombang elektromagnetik WiFi, mengakibatkan Elektromagnetic Hypersentivity intolerance Syndrom (EHS), yaitu suatu sindrom langka akibat hipersentivitas elektromagnetik. Dampaknya adalah wanita tersebut mengalami linu pada bagian mulutnya.

Bagaimana guys dengan penjelasan yang admin berikan diatas? kalau saran admin sih buat kalian yang sering menggunakan WiFi mulai dari sekarang kurangi penggunaannya ya guys, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Semoga Bermanfaat :D.

Silahkan di Share :D



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
February 24, 2016 at 8:05 PM delete

Nakutin gan bahayanya... ane jadi takut wifian lama lama

Reply
avatar
February 24, 2016 at 8:25 PM delete

Artikelnya brmanfaat gan, ternyata damapaknya seperti itu ya

Reply
avatar