Microsoft Perkenalkan Xbox One X


Pada ajang E3 (Electronic Entertainment Expo) 2017 kemarin, Microsoft akhirnya merilis Project Scorpio yang diberi nama Xbox One X. Kekuatan komputasi konsol ini jauh lebih besar daripada PS4 Pro dan akan dilengkapi dengan slot Ultra HD Blu-ray. Microsoft mengklaim konsol ini siap digunakan untuk gaming diresolusi 4K. 

Untuk spesifikasinya, konsol ini menggunakan prosesor octa core fabrikasi 16nm dengan clockspeed mencapai 2.3 GHz yang merupakan hasil penyempurnaan dari AMD 'Jaguar' yang sebelumnya tertanam di Xbox One & PS4. Teknologi octa core yang diusung juga tidak murni, melainkan paduan dua cluster quad core.

Sementara RAM yang diusung mengandalkan interface 384-bit atau 6 kanal yang masing-masing kanal dibekali RAM 2GB, sehingga secara total memiliki 12GB RAM yang kabarnya menjanjikan bandwith sampai 326 GBps. Tapi besaran RAM tersebut tak hanya digunakan oleh prosesor, melainkan sistem secara keseluruhan.

Dari segi grafis, konsol ini menggunakan GPU Polaris dengan 40 Graphics Core Next (GCN) compute unit atau 2.560 stream prosesor dan clockspeed 1.172 MHz serta Vram 12GB GDDR5 yang kira-kira performanya setara dengan RX580 dalam kondisi Crossfire X. Wajar jika konsol ini ini mampu menjalankan game diresolusi 4K atleast di 30fps untuk game-game yang membebankan GPU.

Untuk urusan konsumsi daya, Microsoft menyertakan power supply eksternal 275W untuk menyuplai kebutuhan daya komponen-komponen gahar konsol ini.

Bagaimana dengan harga? Rencananya konsol ini akan tersedia secara global pada November 2017 mendatang dengan banderol $500 USD atau 6.6 juta rupiah. 

Bagaimana ? Tertarik untuk membeli Xbox One X ?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »