AMD Umumkan Radeon RX 500 Series

 AMD baru saja merilis kartu grafis terbaru andalan mereka, yakni Radeon RX 500 Series. Kartu grafis ini masih menggunakan arsitektur Polaris. Bisa dikatakan ini merupakan seri refreshnya Polaris. Lalu apa bedanya dengan RX 400 Series ? Mari kita ulas!

Dilihat dari spesifikasinya, kartu grafis ini tak jauh berbeda dengan Radeon RX 400 Series, karena Radeon RX 500 Series merupakan Radeon RX 400 Series yang dituning sehingga clocknya bisa berjalan lebih tinggi. Contohnya pada RX 480, dimana kartu grafis ini sangat sulit untuk mencapai clock 1400 MHz pada voltase tertentu, sedangkan pada RX 580 cukup mudah untuk mencapai clock 1400 MHz dan pada versi customnya (Contoh : PowerColor RX 580 8GB Red Devil) base clocknya sudah berjalan diangka 1400MHz.


Radeon RX 500 Series terdiri dari empat lini, yakni RX 550, 560, 570, & 580. Fitur terbaru yang ditawarkan yakni Freesync 2 & Radeon Chill. Mungkin kalo Freesync kalian sudah pada tau, lalu apa itu Radeon Chill ? Radeon Chill merupakan sebuah fitur hemat daya yang dapat mengatur FPS (Framerate Per Second) secara dinamis berdasarkan ingame movement. Misalnya saat ngegame, saat banyak gerak maka performanya akan maksimal, sementara saat gak banyak gerak FPS bakal berkurang untuk menghemat daya dan mengurangi suhu.

Dari segi harga, kartu grafis ini tak jauh berbeda dengan Radeon RX 400 Series. Buat yang mau upgrade dari Radeon RX 400 Series, menurut gw kurang worth it, mengingat peningkatannya yang minor. Seri kartu grafis ini lebih ditujukan buat yang belum pernah ngerasain performa polaris, seperti user Radeon HD Series atau Radeon R7 Series.

Ya, sekian dulu TechNews kali ini, jangan lupa share ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »