Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama


Hai sobat, apa kabarnya hari ini?
Merawat komponen laptop memang gampang-gampang susah, tergantung kita bagaimana cara pemakaian dan perawatannya. Baterai memang sangat dibutuhkan bagi yang mempunyai mobilitas tinggi. Baterai juga sama seperti komponen lainnya yang juga mempunyai masa pakai, umumnya masa pakai baterai laptop berkisar antara 2 sampai 4 tahun.
Pada postingan kali ini admin telah merangkum penyebab baterai laptop menjadi tidak awet & Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama.

Hal Yang Menyebabkan Baterai Laptop Menjadi Tidak Awet:

1. Penggunaan Laptop Secara Berlebihan| Laptop tidak di design untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu yang lama, seperti kebutuhan grafis, editing ataupun bermain game, sehingga apabila kita menggunakan laptop untuk kebutuhan yang menggunakan resource besar maka akan menyebabkan konsumsi daya yang berlebihan dan akan cepat menyebabkan baterai menjadi panas. Efek jangka panjangnya adalah akan mempengaruhi dalam hal kapasitas penyimpanan daya baterai.

2. Membiarkan Daya Baterai Hingga 0%| Menggunakan laptop hingga daya baterai kosong akan mengakibatkan wear level pada baterai dan juga dapat memperpendek usia laptop karena komponen-komponen yang tadinya bekerja saat laptop di gunakan, tiba-tiba mati karena kehabisan daya dari baterai.

3.  Membiarkan Laptop Ter-charge Ketika Daya Baterai 100%| Membiarkan laptop terus di charge dalam kondisi daya baterai penuh tidak baik dampaknya terhadap baterai, karena dapat mengurangi usia baterai.

4. Menggunakan Laptop di Atas Kasur| Menggunakan laptop di atas kasur dapat menyebabkan baterai laptop menjadi overheat karena sirkulasi udara yang buruk, hal ini juga yang dapat memperpendek usia baterai.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama:

1. Shut Down laptop jika tidak digunakan.
2. Charge laptop jika kira-kira daya baterai tinggal 10% atau jika muncul pemberitahuan baterai             lemah.
3. Segera cabut charger dari stop kontak jika daya baterai telah terisi penuh.
4. Jangan menggunakan laptop diatas kasur atau bantal
5. Gunakan Stabilizer agar tegangan listrik yang masuk ke baterai tetap stabil.
6. Gunakan software HW Monitor untuk mengecek wear level baterai.

Kira-kira begitulah yang bisa admin berikan kepada kalian tentang Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama, semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Admin minta maaf jika ada kesalahan kata dan mohon krik & sarannya.

Silahkan di share :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »