Pengertian dan Fungsi Motherboard



Hai guys, apa kabar nih?

Kalian mungkin sering mendengar kata "Motherboard" tapi tidak tau apa itu "Motherboard", nah pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi kepada kalian tentang Pengertian dan Fungsi Motherboard. Yuk langsung aja simak penjelasan yang telah admin rangkum berikut ini!

Pengertian Motherboard:

Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

Pengertian lain dari Motherboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Fungsi Motherboard:

Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektonik dan merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard lah semua komponen PC akan disatukan dan dihubungkan dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Motherboard juga memiliki beberapa komponen, yaitu:




1. Konektor Power

Konektor Power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Konektor Power tipe AT terdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari power supply akan menancap disitu. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam suatu header yang utuh, sehingga kalian tinggal menancapkannya di motherboard.

2. Socket atau Slot Processor

Terdapat beberapa model atau tipe untuk slot processor, model paling lama adalah model ZIF (Zero Insertion Force) atau populer dengan istilah socket 7. Socket ini di gunakan untuk processor model lama dan kompatibel untuk processor buatan Intel, AMD, Cyrix. 
Selain socket 7, ada lagi socket yang mirip dengan socket 7 yang di namakan socket 370 dengan jumlah pin 370 buah. Socket ini kompatibel dengan processor buatan Intel. Sementara itu, AMD menamai sendiri socket nya dengan istilah socket A yang menunjuk untuk tipe AMD Athlon. Sedangkan untuk processor Intel Pentium ll dan Pentium lll, socket yang di gunakan di sebut dengan socket 1.

3. Socket atau Slot Memori 

Ada dua tipe socket memori yang kini beredar di pasaran. Socket lama yang masih cukup populer adalah tipe SIMM yang terdiri dari 72 pin modul dan tipe DIMM yang memiliki 168 pin modul dan di rancang satu arah sehingga kalian tidak mungkin memasangnya secara terbalik. 

4. NorthBridge

NorthBridge ini bisa di bilang menangani processor, RAM, VGA, dan bahkan SouthBridge. Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah NorthBridge berpengaruh terhadap kinerja dari sistem.

5. SouthBridge

SouthBridge adalah salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug dan Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol Keyboard dan Mouse, fitur Power Management, dan menangani komponen lain yang tidak di tangani oleh NorthBridge.

6. Konektor Floppy dan IDE

Konektor ini menghubungkan piranti simpan komputer seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah Motherboard biasanya terdiri dari dua, yaitu Primary IDE yang menghubungkan motherboard dengan Primary Master Drive dan Primary Secondary Master & Secondary IDE yang biasanya di sambungkan dengan piranti-piranti untuk slave seperti CD-ROM dan Harddisk slave.

7. Port Paralel dan Serial

Pada Motherboard tipe AT, port paralel dan serial tidak menyatu dalam satu Motherboard, tapi di sambungkan melalui kabel dengan pin yang sudah tersedia. Sedangkan dalam Motherboard tipe ATX, sudah terintegrasi dalam Motherboard sehingga kalian tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan. 
Fungsi port paralel bermacam-macam, mulai menyambungkan komputer dengan printer, scannner, sampai menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang di rancang menggunakan koneksi port paralel.
Sementara itu, port serial biasanya di gunakan untuk menghubungkan komputer dengan modem atau mouse.

8. Konektor Keyboard

Ada dua tipe konektor keyboard yang menghubungkannya dengan komputer, yaitu konektor serial dan konektor PS/2. Konektor serial berbentuk bulat dan memiiki lubang pin sebanyak 5 buah dan ukuran/diameternya 2x lebih besar dari konektor tipe PS/2 yang memiliki lubang pin sebanyak 6 buah. 

9. AGP 4X Slot

Slot port penyelerasi gambar ini mensupport kartu grafis (VGA) mode 3.3V/1.5X AGP 4X untuk aplikasi grafis tiga dimensi (3D).

10. Standby Power LED

Lampu LED akan menyala jika terdapat standby power di Motherboard dan bertindak sebagai pengingat untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan processor.

11. PCI Slot

Pengembangan slot PCI 2.2 32-bit ini mensupport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart lan dengan keluaran maksimun 133MB/s.

12. RJ-45 Port

Port yang memiliki 25 buah pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

13. Line in Jack

Line in Jack ini biasanya berwarna biru muda dan menghubungkan ke tape player atau ke sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi bass/tengah. 

14. Line out Jack

Line out Jack ini biasanya berwarna lime dan menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-Channel, fungsi jack ini menjadi speaker out depan.

15. Microphone Jack

Microphone jack ini biasanya berwarna pink dan menghubungkan ke mikrophone. Pada mode 6-Channel, fungsi jack ini menjadi speaker out belakang.

16. USB 2.0 Port 1 - Port 4

Kedudukan USB (Universal Serial Bus) 4 pin ini di sediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.

17. Video Graphics Adapter (VGA) Port

Port dengan 15 pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel.

18. Baterai CMOS

Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada Motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang ketika tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.

Kira-kira begitulah penjelasan admin tentang Motherboard, semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat buat kita semua :D

Admin mohon maaf jika ada kesalahan kata & mohon kritik dan sarannya :D

Sampai jumpa di postingan berikutnya :D

Silahkan di share :D






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »