Tips Agar Baterai Smartphone Tidak Bocor



Di zaman modern ini, smartphone rasanya telah menjadi trend atau kebutuhan bagi manusia diseluruh dunia. Baik anak-anak maupun orang dewasa, kebanyakan pasti memiliki smartphone. Saking asyiknya dengan smartphonenya, tak jarang mereka menggunakan smartphonenya secara berlebihan yang dapat memperpendek usia smartphone, misalnya main game online 3D.

Ngaku deh, pasti kalian pernah atau mungkin sering menggunakan smartphone kalian hingga overheat atau mungkin menggunakannya saat dicharge dan hal-hal lain yang bisa menyebabkan baterai smartphone kalian menjadi tidak tahan lama.

Penasaran? apa aja sih yang membuat baterai smartphone menjadi tidak tahan lama?

1. Hindari Overheat



Menggunakan smartphone hingga overheat atau panas berlebih dapat meningkatkan suhu baterai dan menyebabkan sel baterai menjadi rusak. Apabila kalian sering menggunakan smartphone hingga overheat dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin baterai smartphone kalian menjadi bocor. 

2. Hindari Menaruh Smartphone di Tempat Yang Panas 



Disadari atau tidak, penggunaan smartphone di tempat panas dapat menyebabkan smartphone menjadi overheat. Seperti terkena paparan sinar matahari, menaruhnya diatas kulkas dan tempat yang menghasilkan panas lainnya yang dapat menyebabkan baterai smartphone bocor.

3. Jangan Biarkan Baterai Kosong



Jika membiarkan baterai smartphone hingga kosong untuk keperluan kalibrasi sih tidak masalah. Tapi ingat, kalibrasi hanya dilakukan sekali hingga dua kali dalam siklus bulanan. Jika kalian terlalu sering membiarkan baterai smartphone hingga kosong, berakibat pada lamanya proses pengisian baterai yang dapat memicu overheat.  

4. Jangan Menggunakan Smartphone Saat di Charge



Kalo yang ini pasti banyak diantara kalian yang melakukannya, yap Menggunakan Smartphone Selagi Di-Charge. Saat di-charge, sebaiknya smartphone dalam keadaan mati. Kalo untuk membalas chat sesekali sih tidak apa, tapi jika digunakan untuk browsing, nonton video apalagi main game online 3D dalam jangka waktu lama, berisiko membuat baterai smartphone bocor.

5. Jangan Charge Smartphone Semalaman



Kalian pasti pernah membiarkan smartphone kalian tercharge semalaman. Jika iya, sebaiknya kalian mulai menghentikan kebiasaan ini karena hal tersebut dapat memicu overheat yang dapat menyebabkan baterai bocor. Sebaiknya segeralah cabut adapter charger dari stop kontak jika baterai telah terisi penuh. 

6. Gunakan Charger Asli


Penggunaan charger yang tidak sesuai berdampak tidak baik pada smartphone kalian, karena akan memicu aliran listrik berlebih sehingga memicu terjadinya overheat. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah charger asli bawaan smartphone kalian jika kalian ingin mencharge smartphone kalian.

Sayangi smartphone kalianjangan tunggu rusak baru diperbaiki (belajar hemat :D). 

Jangan lupa share ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »