Nvidia Geforce GTX 1080 Ti Founders Edition


Belum lama ini Nvidia mengumumkan kartu grafis terbaru andalan mereka, yakni Geforce GTX 1080 Ti. Nvidia mengklaim kartu grafis ini 35% lebih kencang dari versi non ti nya, 3x lebih kencang dari GTX 980 Ti & sedikit lebih kencang dari GTX Titan X Pascal. Kartu Grafis ini berbasis GP102 GPU & 16nm FinFET seperti pada GTX Titan X Pascal.

Desain

Dari segi desain, Nvidia belum merubah desainnya & masih sama seperti GTX 1080 Founders Edition, tetapi pada GTX 1080 Ti Founders Edition ini ada sedikit perbedaan, yaitu pada output displaynya, dimana Nvidia gak memberikan DVI port, akan tetapi Nvidia memberikan Converter jika kalian akan menggunakan DVI. Kartu grafis ini memiliki 3 display port serta 1 port HDMI.

Spesifikasi

Kartu grafis ini masih menggunakan arsitektur pascal. Memiliki 3584 CUDA Cores, 8+6 Power Pin, juga Base Clock sebesar 1480 MHz dan Boost Clock sebesar 1582 MHz. Untuk memori, kartu grafis ini memiliki VRAM sebesar 11 GB DDR5X, Memory Speed 11Gbps, Interface 352 bit, serta Memory Bandwith 484Gbps. TDP yang dihasilkan sebesar 250W.

Fitur

Tentunya pada kartu grafis ini, kalian bisa menggunakan fitur SLI jika ingin mendapatkan performa lebih. Nvidia menyarankan untuk menggunakan konfigurasi SLI Bridge High Bandwith untuk performa lebih. 

Sama seperti kartu grafis Nvidia dari kelas mid-end sampai high-end lainnya, kartu grafis ini juga mendukung fitur Ansel. Apa itu Ansel ? Ansel merupakan fitur exclusive dari Nvidia dan kalian bisa menggunakannya jika kalian memiliki aplikasi Geforce Experience pada PC kalian. Fitur ini sebenarnya merupakan fitur screenshoot, akan tetapi kalian bisa mengambil seluruh view angelnya dan tentunya gamenya juga harus mendukung fitur Ansel. Contohnya pada game Ghost Recon, kalian cukup tekan tombol Alt + f2, maka game tersebut akan terpause dan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Disitu kalian bisa gerakin & atur angelnya sesuka kalian, mengatur warna & menjadikan screenshoot. 

Harga

Untuk harga, Nvidia membanderol kartu grafis ini dengan harga $699 USD, atau sekitar 9.3 juta. Mungkin setelah masuk ke Indonesia harganya akan meningkat. 

Yang membuat kartu grafis ini lebih terjangkau dari GTX Titan X Pascal ialah Nvidia memangkas VRAM nya menjadi 11GB, menurunkan Bus menjadi 352Bit, & menurunkan ROPs-nya menjadi 88. Akan tetapi Nvidia memberikan Memory Speed yang lebih besar & Boost Clock yang jauh lebih besar, sehingga potensi gamingnya jauh lebih optimal.

Oke sekian dulu tentang kartu grafis 'SULTAN' ini, jangan lupa untuk share jika artikel ini bermanfaat buat kalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »